Selasa, 07 Juni 2022

Internet adalah perpustakaan terbesar di dunia

yo gais, hobi baca gua kadang-kadang aneh bin ajaib, masa gue pernah pengen baca pikiran perempuan. Dan saat gue melakukannya, otak gue jadi kusut, pusing dan pengen ambruk, mirip membaca aksara alien , sesuatu yang penuh misteri dan tebak-tebakan, kalau salah tebak bisa kena tabok, begitu perempuan, anehnya tiada nyambung.

Daripada gue mumet mikirin perempuan, mending gue download ebook di internet. Mudah kok, tinggal search aja di google, keywordnya judul terus belakangnya tambahi pdf, atau epub, atau chm, atau format lain yang formatnya  masih ebook.

Menurut analisis gue, hampir 67persen dari pencarian pasti ketemu, entah itu buku baru maupun buku lama, yang asli maupun yang salinan, tapi untuk lebih afdhalnya beli buku yang asli, karena buku asli punya aroma yang khas yang gak mungkin bisa didapat dari ebook, pun juga lo semua kagak tau betapa capeknya nulis buku. Tunjukkan rasa hormatmu wahai anak manusia.

Tapi tenang, ada yang gratis kok, maksudnya gratis lisensinya, atau sudah dudah diiklaskan oleh penulisnya demi ilmu pengetahuan. Cari aja di gutenberg.org, isinya bejibun banyaknya, tapi loe pada harus bisa bahasa inggris, kalau kagak loe pasti kayak monyet yang lagi baca bahasa manusaia.

Enak ya, gak kaya zaman gue satu dekade yang lalu,(artikel ini di tulis tahun 2020) kalau mau baca gak ada yang di baca,  akses kemana-mana susah, tapi susah lagi menyakinkan orang-orang kalau membaca buku itu penting, bukan cuma cari uang dan kawin. Karena segala sesuatu pasti ada buku panduannya, dan harus dibaca buka di liatain aja.

Meski impian gue untuk mendirikan perpustakkan masih belum terwujud, atau mungkin tak akan pernah terwujud, internet mengobati kekecewaan gue, karena gue kecewa malah gue punya ide untuk membuat perpustakkan digital nyeh nyeh nyeheee. Kan enak tuh gak perlu ruang khusus, dan siapa saja bisa mengaksesnya.

Ya seharusnya kita tahu,kalau memang internet adalah perpustakaan terbesar didunia. Hampir semuanya ada, hampir loh ya. Dari yang baik sampai yang tidak baik, pilah-pilih aja sendiri, karena diri sendiri yang menentukan apa yang akan terjadi.

Ok gais sekian dulu dari gue, ingat baca buku, jangan cari uang dan kawin mulu.

#usmansan99
#honja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar